About Me


Bandung Sebagai Kota Pelajar, Kuliner, Garmen dan Wisata

Laporan Sudono Syueb

Dosen Fikom, Unitomo, Surabaya

Harianindonesiapost.com Sekarang banyak daerah yang dulu tidak begitu terkenal, menjadi terkenal dan viral, karena ditemukan tempat tempat wisata alam baru yang eksotik. Seperti kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mendadak terkenal se lndonesia tahun 1990an karena ditemukannya Goa Maharani yang tertutup tanah ribuan tahun lalu di desa Tunggul, kecamatan Paciran. 
   Demikan pula di kabupaten Gunung Kidul, DIY, sontak terkenal dan viral setelah ditemukannya Goa Air Pindul sepanjang 1 km. Banyak wisatawan lokal dan manca negara ke Goa Air Pindul untuk sekedar mencoba merasakan sensasi susuri goa air dengan naik ban mobil.
   Demikian pula di Bandung. Karena berkembangnya destinasi wisata baik alam maupun buatan, maka Bandung yang dulu hanya terkenal sebagai kota pelajar, kuliner dan garmen, kini telah menjadi kota wisata baru yang mulai banyak bermunculan obyek wisata barunya. Maka kota Bandung sekarang menjadi ramai kendaraan wisata baik pribadi maupun rombongan. Akibatnya jalanan  kota Bandung yang sempit itu, karena memang dulu tidak didesain sebagai kota wisata dan hanya sebagai kota pelajar dan kuliner, menjadi sering macet. Sementara hunian dan daerah daerah bisnis sudah mulai padat, pelebaran jalan sudah tidak mungkin lagi, kecuali ada relokasi dan pembebasan lahan. Tapi ini sangat tidak mungkin, karena harga tanah di jalan jalan protokol kota Bandung harganya sudah 40 juta/meter, begitu kata pemandu wisata kami. APBD kota Babdung jelas tidak mampu membiayainya.

Pesona awal kota Bandung adalah sebagai kota pelajar. Kini pesona itu semakin menarik dan seksi serta mengundang orang luar datang ke Bandung untuk menikmati wisata, belanja dan kuliner. 
   Karena itu di kota ini kita dapat melakukan banyak hal. Kita dapat menghabiskan waktu Anda dengan menikmati keindahan Kota Bandung, apalagi jika bersama orang-orang tersayang, Bandung merupakan tempat yang tepat untuk Anda pilih. Untuk Anda yang hobi berwisata, Bandung menyediakan banyak tempat menarik yang dapat Anda kunjungi.

Bandung tentu saja seperti surga bagi para wisatawan. Tempat ini menyediakan banyak sekali tempat wisata yang menarik. Tempat wisata tersebut menawarkan berbagai macam keindahan. Anda dapat memilih jenis wisata yang ingin Anda kunjungi, karena saking banyaknya wisata yang dapat Anda nikmati di Kota Bandung. Anda mungkin sudah banyak mendengar tentang Bandung yang memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Selain wisata taman dan alam, Anda juga dapat menikmati wisata kuliner di kota ini.

Banyak sekali jenis kuliner yang dapat Anda temukan di Bandung. Kuliner-kuliner yang mungkin hanya akan Anda temukan di kota ini. Kuliner tersebut tentu saja akan sangat memanjakan lidah Anda. Selain itu Bandung juga sangat terkenal dengan wisata kuliner malamnya.

Pada malam hari Anda dapat menikmati kuliner malam yang ditawarkan di Kota Bandung. Untuk menemani Anda menghabiskan malam, berbagai macam kuliner malam akan Anda temukan di kota ini. Suasana malam tentu saja akan sangat berbeda antara kota yang satu dengan yang lainnya. apalagi di kota yang terkenal memiliki keindahan yang menakjubkan, seperti Bandung. Selain banyak tempat wisata dan kuliner yang menarik, Anda tidak perlu khawatir dengan tempat penginapan untuk perjalanan Anda di Bandung.

Penginapan tentu saja menjadi bagian yang sangat penting ketika Anda melakukan perjalanan di luar kota. Penginapan yang nyaman tentu saja dibutuhkan agar perjalanan menjadi lebih mengesankan. Bandung tentu saja menyediakan banyak penginapan yang nyaman dan tentu saja didukung dengan fasilitas yang lengkap juga. Mengenai tarif yang dipatok oleh penginapan di Bandung tentu Anda tidak perlu risau, karena banyak sekali penginapan yang menawarkan harga cukup terjangkau.

Pariwisata di Kota Bandung


Apabila Anda ingin pergi ke Bandung ada banyak tempat wisata yang harus dikunjungi. Tempat-tempat wisata tersebut menawarkan banyak sekali fasilitas. Anda akan sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang disediakan dan juga pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda tentu saja akan dibuat takjub dengan pemandangan yang hanya akan Anda temukan di Kota Bandung. Terkait pariwisata Bandung memang tidak pernah ada duanya. Berikut beberapa tempat pariwisata yang dapat Anda kunjungi di Kota Bandung…

De Ranch di Lembang

Tempat ini menawarkan sensasi liburan seperti kelua negeri. Anda akan merasa seperti sedang berada di texas apabila berkunjung ke tempat ini, karena Anda dapat berkeliling dengan berkuda untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan di sekitar de ranch. Karena yang membedakan de ranch dengan texas adalah karena di de ranch menawarkan sensasi pemandangan alam.

Dusun bambu

Tempat ini merupakan salah satu tempat untuk wisata kuliner. Disebut dusun bambu karena memang tempatnya yang dipenuhi dengan bambu. Apabila berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa kamera, karena tempat ini sangat instagramable sekali. Di sini Anda akan mendapatkan sensasi makan seperti burung. Anda akan menikmati makanan di dalam sangkar burung.

Farm House di Lembang

Di instagram mungkin Anda sering menjumpai foto liburan di rumah hobbit. Tempat ini ternyata dapat Anda temukan di Bandung. Selain dapat berfoto di rumah hobbit, tempat ini juga menawarkan sensasi liburan seperti ke luar negeri. Bangunan-bangunan ala-ala Rusia juga akan Anda temukan di tempat ini. Untuk menambahkan sensasinya agar lebih mengena lagi, di tempat ini Anda juga dapat menyewa baju ala-ala Rusia. Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan liburan Anda di Farm House ini.

Floating Market

Bukan hanya di Kalimantan, pasar apung juga dapat Anda temukan di Bandung. Apabila pasar apung di Kalimantan menjual barang-barang yang biasanya dijual di pasar, Anda tidak akan menemukan hal tersebut di pasar apung Bandung, karena di pasar apung ini yang akan Anda temukan adalah berbagai macam makanan yang sangat dapat menggugah selera. Hal itu karena floating market ini bukan seperti pasar umum yang ada di Kalimantan.

Floating market yang ada di Bandung memang dikhususkan untuk pariwisata, maka dari itu Anda hanya akan menemukan banyak sekali makanan, mulai dari makanan khas Bandung sampai makanan modern. Di tempat ini juga disediakan gazebo untuk menikmati suasana di sini. Anda tentu saja akan dimanjakan dengan sensasi angin semilir dari danau tempat floating market ini. Untuk masuk ke lokasi pariwisata ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk saja, sebagai bonusnya Anda juga akan mendapatkan susu untuk menemani Anda ketika menikmati suasana di floating market ini.

Gunung tangkuban perahu

Destinasi pariwisata ini merupakan salah sau yang paling terkenal di Bandung. Anda pasti sudah pernah mendengar nama gunung tangkuban perahu ini juga kan? Apabila Anda ingin menikmati sensasi wisata alam, gunung tangkuban perahu merupakan pilihan yang tepat. Mata Anda akan sangat dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Tepatnya Anda dapat berkunjung ke beberapa lokasi menarik apabila berkunjung ke sini, misal Anda dapat ke Kawah Domas, Kawah Ratu, Kawah Jurig, dan Kawah Upas.

Jangan lupa untuk membawa jaket atau pakaian yang hangat apabila berkunjung ke sini, karena tempat ini memiliki suhu yang akan membuat Anda kedinginan. Namun sensasi dinngin itulah yang sering menjadi daya tarik dari tempat ini. Apabila Anda ingin merasakan hawa dingin yang lebih lama di sini, Anda dapat menyewa home stay di dekat wisata gunung tangkuban perahu ini.

Kawah putih

Tempat ini pasti sudah tidak asing juga kan buat Anda? Anda mungkin akan sangat sering menemukan beberapa foto di tempat ini di instagram atau di mana pun. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Bandung. Anda pasti sudah membayangkan betapa indahnya tempat ini kan? Seperti yang Anda bayangkan, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Namun, tempat ini memiliki bau belerang yang cukup menyengat, jadi jangan lupa untuk membawa masker apabila berkunjung ke sini. Meskipun hal itu tidak menyurutkan pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di sini.

Itulah beberapa tempat menarik wisata menarik yang dapat Anda kunjungi apabila Anda sedang melakukan perjalanan di Bandung. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen penting Anda ketika berada di tempat ini. Agar mendapatkan hasil yang maksimal usahakan Anda membawa kamera yang memiliki kualitas baik.

Area Populer di Kota Bandung
Lembang

Lembang adalah destinasi wisata kebanggaan warga Kota Bandung. Memiliki pemandangan alam yang indah dan letak yang sangat strategis, Lembang menjadi salah satu area pariwisata yang terkenal di Bandung. Banyak pilihan wisata di Lembang mulai dari wisata belanja di Floating Market yang unik sampai wisata Cowboy di DeRanch, Kawah Putih dan juga Dusun Bambu. Berada di ketinggian 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut, Lembang memiliki udara yang sejuk dengan suhu rata-rata 17-27 derajat Celcius bisa sampai lebih dingin ketika hujan tiba.

Sukajadi

Sukajadi merupakan salah satu lokasi incaran para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing di Bandung. Karena Kawasan Sukajadi juga terdapat pusat perbelanjaan yang digemari wisatawan, salah satunya yaitu Paris Van Java Mall yang merupakan salah satu mall terbesar dan terluas di Kota Bandung. Selain itu di sekelilingnya juga terdapat Rumah Sakit Hasan Sadikin yang menjadi salah satu rumah sakit terbesar di Bandung, Kantor Polisi Polres, Hingga pusat jajanan di daerah Sukajadi dan Setiabudi.

Padjadjaran

Padjadjaran Bandung merupakan area terkenal di bandung dengan pusat perhotelan yang paling dekat dengan stasion Bandung dan juga bandara. Pusat perbelanjaannya yang terkenal ialah Paskal yang merupakan salah satu mall di bandung dan juga terdapat hotel disampingnya. Di padjadjaran juga terkenal mall yaitu IP (Istana Plaza), juga terdapat Hotel kapsul Indonesia yang saat ini sedang booming dan trend di Bandung, yaitu Hotel Bobobox Paskal.

Post a Comment

0 Comments